Cara Menghemat Baterai Android

PROBLOGGIT.COM - Ponsel android kini semakin populer, pengguna android juga semakin bertambah dan mungkin anda juga salah satu pemakainya, kelebihan ponsel android dibanding java adalah jaringan internet yang selalu terhubung dan banyaknya game / aplikasi yang bisa didownload gratis di PlayStore,
Aplikasi Pengedit foto atau apalah buuanyak deh pokok.nya.

Dengan adanya koneksi yang selalu terhubung dan banyaknya aplikasi yang ada pada ponsel android, Maka baterai yang digunakan pun akan cepat habis alias boros. Hal tersebutlah yang menjadi keluhan pengguna android saat ini.


Oleh karena itu kali ini saya akan berbagi beberapa hal yang saya lakukan untuk menghemat baterai hp android saya sendiri. Langsung saja berikut ini adalah beberapa Cara menghemat baterai android yang saya ketahui :

1. Matikan koneksi internet
Tidak stabilnya koneksi internet yang ada di android kita dapat membuat ponsel android sememakin menguras daya baterai. jadi matikan koneksi internet jika sudah tidak diperlukan lagi, bila perlu aktifkan mode penerbangan jika kita tak menggunakan ponsel kita lagi.

2. Uninstal aplikasi yang tidak diperlukan
Aplikasi yang dipasang di android juga menyebabkan baterai kita menjadi boros,  misalnya aplikasi yang kita gunakan kurang baik (bad code) atau aplikasi yang tidak kompatibel dengan OS android kita namun kita tetap menginstalnya hal tersebut bisa menyebabkan ponsel android kita menjadi hang dan memunculkan notifikasi "aplikasi tidak merespown force close/quit" sebaiknya langsung uninstal aplikasi tersebut karena itu menguras banyak baterai.

3. Atur kecerahan layar/ brightness ke tingkat minimum
Untuk melakukan pengaturan ini silahkan masuk menu HOME  > tekan tombol MENU > pilih Settings (Pengaturan) > Display (Tampilan) > Brightness (kecerahan). Bila ada pilihan automatic brightness (kecerahan otomatis) jangan dicentang.

4. Gunakan walpaper yang berwarna gelap
Hal ini juga dapat menghemat sedikit baterai android kita, namun hal ini hanya efektif buat android yang layarnya sudah AMOLED jadi yang masih belum cara ini tidak berefek apa apa pada android kita.

5. Matikan Wifi, Bluetoth, GPS dan fitur Sync bila sudah tidak digunakan
Semakin sering kita menggunakan Wifi, Bluetoth, GPS dan fitur Sync baterai kita akan semakin boros juga, jadi matikanlah fitur tersebut jika sudah tidak diperlukan lagi.

6. Atur schreen time out
Schreen time out adalah jeda layar mati setelah android sudah tidak lagi digunakan, semakin cepat layar kita mati semakin hemat pula baterai yang kita pakai, jadi aturlah schreen time out seminimal mungkin supaya baterai android kita semakin tahan lama.

7. Gunakan aplikasi penghemat baterai
Aplikasi penghemat baterai banyak tersedia di PlayStore, namun banyak pula aplikasi abal abal yang hasilnya NOL untuk penghematan baterai android. jadi pilihlah aplikasi penghemat baterai yang ratingnya 4-5 dan sudah didownload ratusan juta orang.

Artikel Menarik Lainnya :

2 komentar:

  1. Top info gan saya pake aplikasi yang mudah untuk digunakan penghemat battery
    link download :
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.digitalzone.batterysaver

    Tips Dalam aplikasi :
    1. Saving Mode: (Direkomendasikan untuk digunakan dalam status baterai rendah)
    2. Sleep Mode: (Direkomendasikan untuk digunakan ketika Anda tidur)
    3. Customized mode ( (yang dapat Anda menyesuaikan pengaturan hemat baterai bebas tergantung pada kebutuhan Anda dan penggunaan)

    BalasHapus
  2. Nice Info.. Moga Bermanfaat Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya http://aikawafaith.blogspot.com/

    BalasHapus

Sejauh ini hanya kurang dari 20% komentar cerdas yang di-approve. Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini.

Copyright © 2016 Problogit | Powered by Blogger