Pengertian Bounce Rate dan Hubungannya Dengan SEO

PROBLOGGIT.com - Apa itu bounce rate ? dan apa hubungan bounce rate dengan SEO ? mungkin itu yang menjadi pertanyaan mengenai bounce rate yang ditanyakan oleh blogger yang masih baru, sebenarnya sudah banyak blogger lain yang menuliskan pengertian bounce rate pada blognya masing masing, tapi apa salahnya saya membuat juga dengan versi saya sendiri, barang kali aja ada yang mau baca pada blog saya yang jelek ini.
Apa itu bounce rate ?? Bounce rate adalah persentase jumlah pengunjung yang langsung kabur setelah mengunjungi halaman blog kita, semakin sedikit persentase bounce rate blog semakin bagus, banyak orang yang keliru pada hal ini dan menyatakan sebaliknya, padahal semakin besar persentase bounce rate itu menandakan banyaknya pengunjung yang langsung kabur setelah melihat sebuah halaman blog kita.

Lalu bagaimanakah cara mengeahui bounce rate pada blog ? bounce rate pada blog dapat di cari menggunakan situs statisik blog, salah satunya adalah alexa, kalian cukup memasukkan link blog kalian pada situs tersebut maka informasi mengenai bounce rate akan muncul pada situs tersebut.

Lalu apa hubungannya bounce rate dengan seo ? semakin bagus isi dari blog kita maka pengunjung akan merasa betah dan berlama lama mengunjungi blog dan bounce rate blog kita pun akan menjadi semakin rendah. Nah hal itulah yang akan menyebabkan google mengetahui kalo isi blog kita itu berkualitas dan disukai banyak pengunjung yang berdampak mudahnya blog kita muncul pada SERP (Search engine result page).
Baca juga : Cara optimasi seo on page untuk mendapatkan banyak pengunjung

Dengan begitu maka pengunjung blog kita pun juga akan meningkat, jadi menurunkan persentase bounce rate itu penting untuk meningkatkan pengunjung blog kita, nah berikut ini adalah hal hal yang menyebabkan pengunjung blog langsung kabur dan juga cara mengatasinya.

Hal hal yang menyebabkan bounce rate meningkat

1. Loading halaman blog
Pasti kalian pun sudah perna merasakannya, jika kalian mengunjungi sebuah situs dengan loading yang lama pasti kalian langsung kabur dan mencari informasinya pada blog lainnya ! betul bukan, hehe saya pun juga mengalaminya, Jadi gunakanlah template blog yang ringan agar pengunjung dapat menelusuri blog dengan cepat.

2. Iklan blog yang berlebihan
Nah ini adalah hal yang kedua yang menyebabkan pengunjung blog kabur, apa lagi iklannya adalah iklan pop up dan iklan melayang, pasti para pengunjung akan meninggalkan blog anda dan mecari informasi pada blog lainnya yang iklannya tidak berlebihan. jadi pasanglah iklan sewajarnya saja tidak usah berlebihan.

3. Konten yang tidak berkualitas
Dan yang terakhir adalah isi dari blog kita, jika isinya hasil copas pasti pengunjung sudah membaca artikel tersebut pada blog lainnya yang akan menyebabkan pengunjung blog bosan berlama lama pada blog kita dan akan pergi begitu saja, jadi buatlah konten yang original dan unik agar pengunjung merasa betah pada blog anda.

Sebenarnya menghitung persentase bounce rate dapat dilakukan secara manual, yaitu dengan menggunakan rumus jumlah pengunjung yang kabur di bagi dengan total pengunjung yang datang lalu dikalikan seratus persen.
Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan, Semoga Bermanfaat :)

PROBLOGGIT.comPengertian Bounce Rate dan Hubungannya Dengan SEO

Artikel Menarik Lainnya :

4 komentar:

  1. Waduh ..., bouncerate blog aku masih 60 %, bagaimana menurut anda ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti artikel2 yang anda tulis kurang berkaitan satu sama lain.

      Hapus
    2. coba gan perbanyak internal linknya. soalnya internal link bisa memudahkan pengunjung mencari artikel lain yang berhubungan. biasanya sih saya kasih 3 internal link tiap artikel. berkunjung juga yah ke berbisnisdanberbagi.com

      Hapus

Sejauh ini hanya kurang dari 20% komentar cerdas yang di-approve. Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini.

Copyright © 2016 Problogit | Powered by Blogger