Cara Mengembalikan Foto dan File Lainnya Yang Terhapus Di Android Tanpa ROOT

PROBLOGGIT.com - Ponsel Android merupakan perangkat canggih yang dapat menyimpan data / file penting baik berupa foto, video, musik, aplikasi dll dengan kapasitas yang cukup besar. Akan tetapi seringkali ketika melakukan perubahan seperti cabut memory, transfer data melalui kabel data / card reader, hang maupun restart data yang ada pada ponsel android tersebut menjadi hilang, dan bahkan kartu memory tidak terbaca dan diharuskan untuk melakukan format terlebih dahulu.
Cara Mengembalikan Foto dan File Lainnya Yang Terhapus Di Android Tanpa ROOT

Salah satu penyebab dari terhapusnya file tersebut adalah dikarenakan proses pembacaan data berhenti sementara pada saat ponsel melihat isi memory. Selain itu faktor lain yang dapat menyebabkan isi data dari ponsel android menghilang adalah oleh pengguna itu sendiri, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat mengakibatkan data android terhapus yang diakibatkan oleh penggunanya.
  • Menghapus secara tidak sengaja
  • Melakukan ROOT tanpa mempelajari resiko yang ada
  • Melakukan Flashing ROM dan mengembalikan Android ke pengaturan pabrik.
  • Menggunakan card reader dan kabel data yang tidak original saat melakukan transfer data ke PC
  • Perangkat sudah rusak, dan memang harus diganti

Nah buat ponsel yang sudah terlanjur terhapus data datanya, berikut ini adalah beberapa cara mengembalikan data android yang hilang baik yang sudah di root maupun yang masih polos. Walupun begitu cara ini belum tentu 100% berhasil mengembalikan data yang hilang, ada yang cuma sebagian dan bahkan tidak berhasil jika file yang terhapus sudah terlalu lama.

Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Android Tanpa ROOT

Salah satu cara mengembalikan isi dari ponsel android yang populer belakangan ini adalah dengan menggunakan aplikasi Recuva. Aplikasi ini merupakan aplikasi recovery data yang dikembangkan oleh piriform dan dapat kalian unduh secara gratis di situs resminya.
Cara Mengembalikan Foto dan File Lainnya Yang Terhapus Di Android Tanpa ROOT

Oke langsung saja berikut ini adalah langkah langkah mengembalikan isi ponsel android yang terhapus menggunakan aplikasi Recuva versi gratis.

1.  Langkah pertama silahkan download dan instal terlebuih dahulu aplikasi recupa pada komputer / laptop anda.
Download aplikasinya disini.
2. Jika sudah hubungkan Android ke PC baik dengan menggunakan kabel USB atau Card reader.
3. Pastikan memori Android sudah terdeteksi, lalu buka aplikasi Recuva.
4. Pilih jenis file yang ingin dkembalikan, pilih All files jika sobat ingin mengembalikan semua jenis file yang ada di SD Card.
5. Pilih di drive mana lokasi file yang ingin dikembalikan. Pilih In a specific location jika ingin memilih lokasi memori. Pilih I'm Not Sure jika sobat lupa lokasi file yang ingin dikembalikan.
6. Klik centang pada Enable Deep Scan jika sobat ingin pencarian file yang lebih mendalam.
7. Setelah itu Klik Start untuk memulai pencarian file yang terhapusdan tunggu hingga pencarian selesai.
8. Jika file yang terhapus telah ditemukan oleh Recuva, klik centang pada file tersebut, kemudian klik kanan dan pilih menu Recover Checked.
9. Lalu pilih di drive mana sobat akan menyimpan file tersebut, misalnya di photo, lalu klik OK.
10.Setelah selesai pindahkan file yang sudah di simpan di PC tadi ke android sobat.
11. Selesai

Itulah tata cara mengembalikan data android yang hilang menggunakan aplikasi recuva, walaupun sedikit ribet karena menggunakan sebuah komputer aplikasi ini sudah terjamin kualitasnya dan sudah terbukti bisa membackup data yang hilang pada kartu memory.
Baca JugaCashtree, Aplikasi Android Penghasil Pulsa Gratis Terbaru di Google PlayStore

Nah buat kalian yang sudah melakukan rooting pada ponsel android agan, berikut ini adalah tata cara mengembalikan data pada ponsel android yang sudah te root dan lebih praktis dilakukan karena bisa digunakan tanpa memanfaatkan sebuah PC / Laptop.

Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Android yang Sudah di ROOT

Jika ponsel anda sudah di root dan ingin mengembalikan data yang sudah terhapus maka kalian dapat melakukannya dengan mudah, pasalnya kini kalian tinggal menginstal aplikasi recovery yang tersedia di playstore, tinggal klik  meng-klik dan selesai selesai deh.

Hingga kini tercatat terdapat 3 aplikasi recovery data yang sudah terbukti di google playstore, aplikasi tersebut antara lain adalah Undeleter recover file & data, Disk Digger Undelete dan Dupster - Resycle Bin. Oke langsung saja berikut ini adalah cara mengembalikan data terhapus pada android yang sudah ter root menggunakan ketiga aplikasi tersebut.

1. Cara Menggunakan Undeleter recover file dan data
Undeleter adalah aplikasi yang dikembangkan oleh farhbot untuk bisa mengembalikan file, foto dan data yang terhapus di android. Aplikasi ini memliki 2 versi yaitu yang free dan yang pro / berbayar, kalian akan mendapattkan full support jika membeli dan menggunakan yang aplikasi versi pro.
Cover art
Brikut ini adalah tata cara menggunakannya :
  • Pertama, Download aplikasinya di Google Play atau Disini
  • Install dan buka aplikasinya.
  • Jika dimintai akses root, tekan izinkan.
  • Lalu pilih Restore file atau Restore data (seperti SMS)
  • Pilih penyimpanan mana yang ingin sobat kembalikan datanya, internal storage atau external storage.
  • Jika sudah maka akan muncul 2 pilihan yaitu Journal Scan dan Deep Scan. Untuk Journal scan, semua file yang terhapus akan di scan termasuk foto, video dan sms. Untuk Deep scan, kita bisa pilih sendiri file mana yang akan kita restore.
  • Jika sudah tekan scan yang ada di pojok kanan bawah dan tunggu hingga hasil scannya muncul.
  • Selanjutnya pilih file mana yang akan di kembalikan.
  • Jika sudah ditemukan file yang ingin dikembalikan, klik lalu tekan gambar kotak di pojok kanan atas lalu pilih Restore Item.
    Cara Mengembalikan Foto dan File Lainnya Yang Terhapus Di Android Tanpa ROOT
  • Selesai

2. Cara Menggunakan Disk Digger undelete
Aplikasi yang dapat digunakan untuk merecovery file yang terhapus selanjutnya adalah Disk Digger. Disk Digger adalah aplikasi yang bisa mengembalikan file berformat JPG, PNG, dan MP4 secara gratis.
Cover art
Tata cara penggunaannya ialah sebagai berikut :
  • Download aplikasi DiskDigger di playstore lalu instal. Download disini.
  • Jika diminta akses Root, pilih ijinkan
  • Akan ada peringatan Upgrade to Pro. Jika sobat tidak ingin upgrade pilih no thanks.
  • Pilih file penyimpanan data untuk mengembalikan data yang ada di memori internal atau External.
  • Lalu pilih format file yang akan di kembalikan tadi, setelah itu tekan OK.
    Cara Mengembalikan Foto dan File Lainnya Yang Terhapus Di Android Tanpa ROOT
  • DiskDigger akan mulai memindai/scan berkas-berkas yang masih bisa dikembalikan.
  • Pilih berkas yang akan dikembalikan
    Cara Mengembalikan Foto dan File Lainnya Yang Terhapus Di Android Tanpa ROOT
  • Klik Save dan Selesai.
3. Dumpster - recycle bin
Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berfungsi sama dengan ecycle bin yang ada di PC, aplikasi ini dapat menampung data anda yang telah dihapus. Jadi aplikasi ini akan berfungsi jika hp anda belum kehilangan data dan file penting pada android.
Cover art

Berikut ini adalah tata cara penggunaannya :
  • Langkah pertama Instal dan buka aplikasi Dumpster. Download aplikasinya disini.
  • Plih file-file apa saja yang ingin ditampung oleh Dumpster. Seperti gambar dibawah ini.
Dumpster restore file
  • Semua file yang terhapus di android kita akan di tampung oleh dumpster sama seperti Recycle Bin di PC. Namun aplikasi ini akan mengelompokkannya berdasarkan kategori. 
  • Jika ingin merecovery data, kalian tinggal cariari folder dan file yang ingin sobat kembalikan.
  • Setelah selesai mengembalikan file yang diinginkan, sobat bisa menghapus secara permanen file-file lainnya yang sudah tidak dibutuhkan agar tidak memenuhi penyimpanan internal android.
Nah itulah beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di android, baik yang sudah ter root maupun yang belum di root. Jika smartphone android kalian masih sering kehilangan data / file secara tiba tiba berikut ini adalah beberapa tips yang patut anda coba :
  1. Selalu eject memory external sebelum menyabutnya dalam keadan ponsel menyala.
  2. Utamakan mengirim data menggunakan bluetoth ketimbang kabel data / card reader, karena jika pada saat transfer data ada sedikit goyangan (gangguan teknis) memory anda akan beresiko terformat secara otomatis.
  3. Selalu backup data aplikasi secara berkala menggunakan komputer, dengan begitu kalian tidak perlu repot2 mempratekkan tutorial ini.
Baca juga : Cara Backup Aplikasi Android Dengan Mudah

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan, apabila da pertanyaan ataupun hanya sekedar ingin mengemukakan pendapat yang sesuai dengan artikel ini silahkan menuliskannnya pada kolom komentar. Sekian dan terima Kasih :)

Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Poskan Komentar

Sejauh ini hanya kurang dari 20% komentar cerdas yang di-approve. Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini.

Copyright © 2016 Problogit | Powered by Blogger