Cara Memindahkan Aplikasi Internal Ke Kartu Memori SDCard Pada Android

PROBLOGGIT.com - Android merupakan hanphone canggih yang memiliki kapasitas memory internal yang sangat besar jika di bandingkan dengan hp symbian jaman dahulu. Walaupun demikian banyaknya aplikasi yang bagus dan gratis akan membuat anda tertarik untuk mencobanya hingga memory internal anda penuh dan sudah tidak bisa menginstal aplikasi maupun game android lagi yang ingin dicoba.
Cara memindahkan aplikasi android ke kartu memory sd card

Jika memory internal anda sudah penuh namun masih ingin install aplikasi lagi, maka hanya ada 2 pilihan yang harus anda lakukan, yaitu : menghapus aplikasi yang tidak terpakai atau mengganti tempat penginstalan aplikasi tersebut pada kartu memory / SDCard.

Saya yakin untuk pilihan pertama kalian sudah mengerti mengenai cara menghapus aplikasi pada ponsel android anda, namun untuk memndahkannya ke kartu memory tidak semua handphone android dapat memindahkan semua jenis aplikasi ke memory external.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk memnindahkan semua aplikasi anda ke memory external, sayangnya aplikasi tersebut membutuhkan akses root yang mengharuskan anda melakukan root pada ponsel android anda.

Cara Memindahkan Aplikasi Internal Ke Kartu Memory SDCard

A. Cara manual tanpa akses root
1. Langkah pertama silahkan masuk pengaturan pada ponsel android anda.

2. Kemudian tekan aplikasi dan pilih aplikasi anda yang ingin dipindahkan ke kartu memory.

3. Jika sudah klik "Pindahkan ke Kartu Memory" seperti gambar dibawah ini.
Cara memindahkan aplikasi android ke kartu memory sd card

Tidak semua hp dan jenis aplikasi bisa dipindahkan dengan cara ini, jika sudah begitu silahkan baca cara selanjutnya.

B. Cara memindahkan aplikasi ke SD Card menggunakan Link2SD
Cara ini menbutuhkan akses root dan membutuhkan kartu memory yang sudah dipartisi, silahkan lihat tutorial root android tanpa pc disini. dan cara partisi memory external android disini.

1. Langkah pertama silahkan download dan install aplikasi Link2Sd pada Google Play store. Download aplikasinya disini

2. Jika sudah jalankan aplikasinaya, Jika dimintai akses root, pilih ijinkan/allow.

3. Selanjutnya silahkan pilih ruang penyimpanan file sistem dari sdcard yang sudah dipartisi tadi. Pilih ext2 lalu klik "Ok".
Cara memindahkan aplikasi android ke kartu memory sd card

4. Setelah itu, akan muncul pilihan untuk restart."klik reboot device".
Cara memindahkan aplikasi android ke kartu memory sd card

5. Setelah restart, buka lagi aplikasi link2sd. Pilih aplikasi yang ingin di pindahkan ke sdcard, lalu pilih "membuat link".
Cara memindahkan aplikasi android ke kartu memory sd card

6. Centang semua kolom yang ada lalu Ok dan tunggu hingga proses selesai.
Cara memindahkan aplikasi android ke kartu memory sd card

Jika anda melakukan dengan benar maka aplikasi yang anda pilih tadi sudah berhasil di pindahkan ke sdcard menggunakan link2sd.

Untuk mengatur aplikasi yang akan di instal bisa berpindah secara otomatis ke SDcard maka, anda bisa pilih menu "Auto Link" yang ada di aplikasi link2sd yang ada di menu Setting → Auto Link. Aplikasi Link2SD Tersebut.

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan, apabila da pertanyaan ataupun hanya sekedar ingin mengemukakan pendapat yang sesuai dengan artikel ini silahkan menuliskannnya pada kolom komentar. Sekian dan terima Kasih :)

Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Poskan Komentar

Sejauh ini hanya kurang dari 20% komentar cerdas yang di-approve. Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini.

Copyright © 2016 Problogit | Powered by Blogger